Budaya CTRL C + CTRL V

CTRL C + CTRL V, itulah budaya yang menjadi ciri khas rakyat Indoneia saat ini. Terlebih lagi, sekarang kita berada di suatu zaman (era) dimana segala sesuatunya sangat mudah didapat. Zaman dimana semua orang dengan mudahnya bisa  mengakses, mendapatkan segala macam informasi yang dibutuhkan. Terlebih bagi para pelaku di dunia pendidikan yaitu, guru-murid, dosen-mahasiswa/i. Padahal, kegiatan CV (CTRL C + CTRL V) adalah salah satu bentuk Plagiatisme. saya selalu berusaha untuk tidak menggunakan metode CV dalam mengerjakan setiap tugas-tugas yang di bebankan dosen. Meskipun, tak jarang saya  melakukan kegiatan CV, itu disebabkan karena saya kurangnya referensi yang saya miliki . Saya sadar, bahwa melakukan CV adalah bentuk kegiatan Plagiatisme yang tidak menghargai karya orang lain.
berkaitan dengan judul Postingan saya kali ini, CTRL C + CTRL V sebagian orang menganggap bahwa kegiatan tersebut sah-sah saja dilakukan. bagi mereka yang menganggap kegiatan CV adalah kegiatan lazim yang dilakukan pada saat mendapat tugas, terlebih lagi tugas yang di dapatkan berkaitan dengan computer (internet). mereka justru cenderung mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki computer, dengan mengesampingkan kecerdasan yang dimilikinya. Padahal, sesungguhnya tingkat kecerdasan yang dimiliki manusia lebih tinggi daripada kecerdasan komputer. tapi, orang-orang yang berpaham CV menganggap kecerdasan komputerlah yang lebih tinggi dan kuat, daripada kecerdasannya sendiri.
terlepas dari Budaya CV, jika kita ingin menanggalkan karakter CV dari diri kita. Alangkah baiknya di mulai dari  sekarang, yaitu dengan sering membaca, dan menulis. yang pertama yaitu membaca. Membaca selain menjadi jendela dunia, juga dapat menambah wawasan/referensi dalam berfikir. sehingga kita tidak lagi memerlukan bantuan mbah Google dalam mengerjakan tugas-tugas yang dibebakan kepada kita. cara kedua yang bisa kita lakukan yaitu, dengan sering menulis. bagi sebagian orang yang berpaham CV, menulis merupakan kegiatan membuang-buang waktu karena sekarang sudah ada mbah Google, yang telah menyediakan berbagai macam informasi yang dibutuhkan.
pesan penutup dalam postingan saya kali ini :
" JIKA KITA SEORANG MAHASISWA, MAKA MENULIS MERUPAKAN SARANA TRAINING DALAM MEMPERSIAPKAN TUGAS AKHIR YAITU, SKRIPSI ".
Previous
Next Post »
0 Komentar